Sejarah Batik Kota Surakarta ( Solo )

Thursday, February 21, 2013




Di Solo sendiri batik dikenal dengan 2 jenis kain batik yaitu batik dan lurik, untuk batik yang berasal dari kota Solo maupun Jogjakarta biasanya banyak kalangan pencinta batik menyebutnya dengan batik kasultanan dengan ciri khas warna yang digunakan adalah warna biru, coklat dan putih.

Masing-masing warna memberikan arti filosofi tersendiri. Warna biru melambangkan Bumim warna coklat melambangkan api sedangkan warna putih melambangkan angin dan air.

Ciri khas batik Solo yang paling banyak biasanya menggunakan warna sogan (yaitu:  kombinasi kombinasi warna coklat muda, coklat tua, coklat kekuningan, coklat kehitaman, dan coklat kemerahan). Dan terkenal dengan corak pola tradisionalnya baik batik cap maupun batik tulis. Tekenal dengan pola sidomukti dan sidoluruh.

Kekhasan batik Solo Ini telah terkenal sampai ke mancanegara dan memiliki nilai jual yang tinggi dan bahkan menjadi salah satu sektor expor andalan dari para pengrajin batik Solo.

Untuk anda yang mencari dan sedang bertraveling ke Solo, tempat belanja batik yang terkenal adalah pasar klewer. Saya sarankan untuk belanja kepasar klewer untuk berangkat pagi-pagi, karena bisanya kalau hari sudah siang, suasana panas dan penuh sesak dengan pembeli dan tentu saja anda harus tetap fokus dalam memilih corak dan warna yang anda inginkan.

Tapi, untuk anda yang belum ada kesempatan untk belanja batik Solo dengan kualitas terbaik dan harga yang relatip terjangkau langsung dari pengrajin batik Solo terbaik yang telah berpengalaman dalam membuat batik.

0 comments:

Post a Comment